Thumbnail
COTTON COMBED dan COTTON CARDED

Cotton Combed adalah jenis katun (cotton) yang sangat halus, dimana pada proses pembuatannya serat katun diproses secara khusus sebelum diputar di mesin pemintal. Secara umum cotton combed ini lebih mahal dibandingkan kain katun biasa. Bahan Cotton combed juga terlihat lebih rata karena serat benangnya yang halus.

Bahan kaos Katun Combed diproduksi dengan ketebalan dan rajutan yang bervariasi. Ketebalan tersebut diproduksi sesuai dengan selera permintaan pasar yang bermacam-macam. Untuk membedakan ketebalannya, diberilah angka sebagai simbol mewakili ketebalan masing-masing.

Saat ini bahan kain katun yang lazim beredar di pasaran ada 4 jenis: 20s, 24s, 30s dan 40s. Angka 20s, 24s, 30s, dan 40s tersebut menunjukkan tipe kerapatan benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain. Semakin kecil angkanya, semakin tebal bahan dan rajutan sebuah kain katun.Begitu pula sebaliknya. Semakin besar angkanya, semakin tipis ketebalan bahannya.

Cotton Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisinya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Berbeda dengan Combed, untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

Saat ini bahan kain katun yang lazim beredar di pasaran ada 4 jenis: 20s, 24s, dan 30s.Angka 20s, 24s,dan 30s tersebut menunjukkan tipe kerapatan benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain. Semakin kecil angkanya, semakin tebal bahan dan rajutan sebuah kain katun.Begitu pula sebaliknya. Semakin besar angkanya, semakin tipis ketebalan bahannya.